Sukses

VIDEO: Kisah Nenek Rokayah Pemakan Rumput di Jember

Namun jika sudah sangat terpaksa, Nenek Rokayah tak ragu memetik rumput di belakang rumahnya. Rumput itu ditumbuk sedikit lalu dikunyah.

Liputan6.com, Jember Banyak orang tiba-tiba peduli saat nenek Rokhayah warga Dusun Krajan, Desa Gambirono, Kecamatan Bangsalsari, Jember, Jawa Timur nekat makan rumput saat tidak memiliki makanan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (4/3/2017), sang nenek yang hidup menjanda dan hidup sebatang kara ini, membuatnya hanya bisa mengandalkan bantuan tetangga untuk kebutuhan sehari-hari.

Tetangga sekitar memang peduli, namun terkadang mereka lupa untuk memberi makanan, sehingga membuat sang nenek kelaparan.

Nenek pun malu harus meminta apalagi harus berutang. Dan saat lapar mendera, benek Rokayah hanya minum air atau sekadar tidur sembari berharap ada tetangga yang memberi makanan.

Namun, jika sudah sangat terpaksa, nenek Rokayah tak ragu untuk memetik rumput di belakang rumahnya.Rumput itu ditumbuk sedikit lalu dikunyah.

Sudah tiga kali ini nenek Rokayah memakan rumput. Terakhir dilakukannya 10 hari lalu. Secara keilmuan, meski tergolong tanaman gulma dan mengganggu tanaman yang lainnya, rumput yang dimakan nenek Rokayah tergolong aman dikonsumsi.

"Di tempat yang lembab itu banyak sekali tumbuh rumput-rumputan yang termasuk ke dalam ini. Emang itu (rumput) agak ulet, yah, tapi yang muda bisa kita manfaatkan " ujar Ahli Obat Tanaman Pertanian Parawita Dewi.

Rumput yang dikonsumsi nenek Rokayah juga jadi perhatian Farida Wahyuningtyas, seorang Ahli Gizi Universitas Jember.

"Kandungan seratnya yang banyak, jadi sumber serat. Tetapi dengan catatan tidak dikonsumsi setiap hari.

Berita tentang nenek Rokayah memakan rumput serta merta menjadi konsumsi publik dan menjadi viral di media sosial.

Saksikan tayangan video nenek pemakan rumput  selengkapnya.

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.