Sukses

VIDEO: Kantor Imigrasi Jember Buka Layanan Haji di Hari Libur

Kantor Imigrasi Jember memang membuka layanan pada hari libur guna mengantisipasi membludaknya pemohon di hari-hari genting ini.

Liputan6.com, Jember - Suasana Kantor Imigrasi Jember dipadati jemaah calon haji. Banyak orang yang ingin dibuatkan paspor. Padahal kemarin bukan jam kerja. Namun, para calon jamaah haji tetap datang dari berbagai wilayah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (6/3/2017), berbagai persyaratan administratif dilengkapi agar para calon jamaah haji cepat mendapatkan paspor haji. Dokumen yang mereka butuhkan saat berangkat ke tanah suci.

Kantor Imigrasi Jember memang membuka layanan pada hari libur guna mengantisipasi membludaknya pemohon di hari-hari genting ini.

Pelayanan dibuka seiring penambahan kouta haji Indonesia pada 2017. 

"Ya kita saat ini masih berkoordinasi dengan Kantor-Kantor Agama setempat dan Kabupaten. Karena Kantor Imigrasi Jember kelas 2 ini meliputi empat kabupaten." Ujar Kepala Kantor Imigrasi Jember, Rudiara.

"Jika kantor Agama kantor setempat sudah siap memberika data-datanya kepada kami. Maka kami segera urus secepatnya" Rudiara menambahkan.

Pengurusan paspor haji di hari libur ini merupakan hal yang pertama dilakukan dan langsung dimanfaatkan oleh sejumlah calon jamaah dari berbagai wilayah. Termasuk mereka yang berangkat berdasarkan kouta tahun ini.

Rata-rata calon jamaah yang mengurus paspor di hari libur adalah mereka yang memiliki kesibukan di hari kerja. Pemerintah Arab Saudi mengembalikan kouta haji Indonesia dari 166.800 menjadi 211.000 orang untuk tahun 2017 ini. Hal ini membuat kouta jamaah haji asal Jember meningkat menjadi 600 orang.

Saksikan tayangan video Kantor Imigrasi Jember Buka Layanan haji di Hari Libur selengkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.