Sukses

VIDEO: Jokowi Ajak Anggota IORA Kerjasama di Sektor Perdagangan

Menurut Jokowi, negara-negara di Samudera Hindia harus bisa bekerja sama mengingat kawasan ini memiliki potensi perdagangan yang besar

Liputan6.com, Jakarta Isu persaingan bisnis di era globalisasi menjadi perhatian Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat memberi sambutan di Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association atau KTT IORA.

Menurut Presiden Jokowi, negara-negara di Samudera Hindia harus bisa bekerja sama mengingat kawasan tersebut memiliki potensi perdagangan yang cukup besar.

Saat ini negara di kawasan Samudera Hindia dihuni sekitar 2,7 miliar jiwa. Sudah sepatutnya jika semua pihak mempermudah perizinan dan memberi fasilitas untuk kemajuan bisnis di negara peserta KTT IORA.

Selain masalah perekonomian, KTT IORA juga menyoroti soal keamanan maritim, pariwisata, dan perikanan.

"Setengah dari perjalanan kontainer adalah lewat Samudera Hindia. Yang kedua, 2 per 3 pengapalan energi itu lewat Samudera Hindia. Ketiga, 2,7 miliar orang tinggal di kawasan IORA"  Ujar Presiden Jokowi.

Saat konferensi pers di IORA, Presiden Jokowi juga mengingatkan bahwa masa depan dunia ada di kawasan Samudera Hindia.

Saksikan tayangan video Jokowi Ajak Negara IORA Kerjasama selengkapnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.