Sukses

VIDEO: Menlu Retno Akui Dapat Hadiah Pedang Emas dari Raja Salman

Polemik pemberian pedang emas dari Raja Salman bin Abdulaziz al Saud tidak hanya menimpa Mabes Polri.

Liputan6.com, Jakarta - Polemik pemberian pedang emas dari Raja Salman bin Abdulaziz al Saud tidak hanya menimpa Mabes Polri. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi juga mengaku dihadiahi pedang berwarna emas tersebut.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (9/3/2017), Retno mengaku menerima pedang emas bulan Januari 2017 lalu. Pedang tersebut sama dengan yang diberikan Raja Salman pada Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Namun Retno menegaskan pedang emas tersebut bukan untuk pribadi. Melainkan, untuk kementerian Luar Negeri.

"Pedang itu diberikan kepada Kementerian Luar Negeri, bukan diberikan kepada Retno Marsudi. Dan setelah pedang itu diberikan, saya tutup saya serahkan di kantor," kata Retno di Istana Presiden.

Sebelumnya, Mabes Polri juga melaporkan pedang pemberian Raja Salman ke KPK. Polri khawatir pemberian tersebut berpotensi gratifikasi.

Pedang pemberian Raja Salman sepanjang satu meter itu ditaksir seharga Rp 10 juta. Jika diputuskan tidak termasuk gratifikasi maka akan dipajang di Museum Polri.

Saksikan keterangan Retno Marsudi soal pemberian pedang emas dari Raja Salman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.