Sukses

VIDEO: Tolak Pabrik Semen, Warga Rembang Kembali Cor Kaki

Untuk kedua kalinya warga Rembang mengecor kaki mereka sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan duduk dikursi, lima warga pegunungan Kendeng, Rembang, Jawa Tengah, siap mengecor kaki mereka dengan semen padat di depan Istana Negara, Jakarta, Senin kemarin,13 MAret 2017.

Seperti dityangkan Liputan 6 Malam SCTV, Senin (13/3/2017), mereka sengaja melakukan di depan Istana Negara, dengan harapan Presiden Jokowi mendengar jeritan hati warga pengunungan Kendeng.

Sebab, upaya warga menolak pembangunan pabrik semen Indonesia di pegunungan Kendeng, selalu kandas.

Sempat menang di tingkat Mahkamah Agung dan izinnya sudah dibatalkan, tiba-tiba Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali menerbitkan izin baru untuk pabrik semen yang sama.

Tak hanya kali ini saja warga melakukan aksi cor kaki. April tahun lalu, sebanyak 9 petani melakukan aksi yang sama di depan Istana Negara. Bahkan kepala staf kepresidenan Teten Masduki bersama Mensesneg Pratikno, terpaksa malam hari menemui mereka agar tidak mengecor kaki. Namun tetap saja aksi cor kaki dilakukan karena berharap agar nasib warga Rembang dan sekitarnya diperhatikan.

Mayoritas petani berjuang menolak pembangunan pabrik semen Indonesia di wilayah mereka. Selain merusak lingkungan, keberadaan pabrik juga akan mematikan lahan pertanian mereka. Sebab pabrik yang dibangun akan menghilangkan kantong air dalam goa bawah tanah.

Saksikan tayangna video aksi cor kaki warga rembang selengkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.