Sukses

VIDEO: Terumbu Karang Raja Ampat Rusak Dihantam Kapal Pesiar

Kapal Pesiar Caledionia SKY kandas di Pulau KRI, Raja Ampat. Akibatnya, terumbu karang rusak hingga 1.600 meter persegi.

Liputan6.com, Jakarta - Kapal Pesiar Caledonian Sky yang dioperasikan operator Tur Noble Caledonia kandas di perairan sekitar pulau KRI, Raja Ampat 4 Maret 2017.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (14/3/2017), kapal ini kandas setelah selesai melakukan wisata pengamatan burung di Pulau Waigeo. Akibatnya, terumbu karang seluas sekitar 1.600 meter persegi rusak parah akibat dihantam Kapal Pesiar Inggris Caledonian Sky.

Karang-karang yang semula cantik dan banyak ikan kini hanya menyisakan puing-puing. Butuh waktu puluhan tahun untuk merehabilitasi karang yang rusak.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hingga mengirim tim untuk mengusut kasus rusaknya terumbu karang di Perairan Raja Ampat, Papua. 

Jika terbukti bersalah, maka Kapal Pesiar Caledonias Sky akan dimintai tanggung jawab. 

Raja Ampat merupakan kepulauan dengan jumlah jenis terumbu karang tertinggi di dunia.

Saksikan tayangan video nasib terumbu karang pascadihantam kapal pesiar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.