Sukses

VIDEO: Pemerintah RI Usut Perusak Terumbu Karang di Raja Ampat

Liputan6.com, Raja Ampat - Kapal pesiar Caledonian Sky yang dioperasikan operator tur noble caledonia kandas di perairan sekitar Pulau Kri, Raja Ampat, 4 Maret lalu. Kapal ini kandas setelah selesai melakukan kegiatan wisata pengamatan burung di Pulau Waigeo.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (14/3/2017), akibatnya terumbu karang seluas sekitar 1.600 meter persegi rusak parah akibat dihantam kapal pesiar Inggris Caledonian Sky.

Karang-karang Raja Ampat yang semula cantik dan banyak ikan kini hanya menyisakan puig-puing. Butuh waktu puluhan tahun untuk merehabilitasi karang yang rusak.

Menurut Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah menurunkan tim investigasi dan tim hukum perdata. Pemerintah akan meminta pertanggung jawaban pemilik Kapal Caledonian Sky yang kini sudah berada di Filipina.

Saat ini Raja Ampat merupakan kepulauan dengan jumlah jenis terumbu karang tertinggi di dunia. Butuh puluhan tahun untuk memperbaiki terumbu karang yang rusak.

Saksikan selengkapnya tayangan video rusaknya terumbu karang Raja Ampat.