Sukses

VIDEO: Tolak Pabrik Semen, Warga Rembang Cor Kaki dengan Semen

Aksi cor kaki rencananya akan terus dilakukan sampai tuntutan mereka dipenuhi pemerintah, yaitu penghentian pabrik semen di Kendeng.

Liputan6.com, Jakarta - Simbol penolakan atas pembangunan pabrik semen di Kendeng, Rembang, Jawa Tengah, 11 warga mengecor kaki mereka dengan semen di halaman Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (15/3/2017), mereka bahkan membuat lagi kotak-kotak papan yang akan dipakai untuk mengecor kaki 20 orang.

Aksi itu rencananya akan terus dilakukan sampai tuntutan mereka dipenuhi pemerintah, yaitu penghentian pabrik semen di Kendeng.

"Tuntutannya itu kepengin Pak Jokowi itu mencabut izin dan menutup pabrik yang ada di Kendeng  ," kata Sukinah, warga Rembang.

Sebelumnya, aksi serupa pernah dilakukan warga Rembang di depan Istana Merdeka. Mereka mendesak Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghentikan pembangunan pabrik semen dan penambangan di desanya.

Para pengunjuk rasa yang kebanyakan petani itu menuntut pabrik semen di daerah mereka ditutup. Karena dikhawatirkan merusak lahan pertanian akibat polusi dan hilangnya sumber air. Selain itu, Mahkamah Agung juga sudah memenangkan warga dalam kasus pembangunan pabrik semen.

Saksikan video aksi cor kaki dengan semen, simbol menolak pabrik semen di Rembang, Jawa Tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.