Sukses

VIDEO: Pesan Terakhir KH Hasyim Muzadi pada Santri Sebelum Wafat

Jenazah Kyai Haji Hasyim Muzadi akan diterbangkan ke Jakarta untuk dimakamkan di lingkungan Pondok Pesantren Al Hikam 2, Depok, Jawa Barat.

Liputan6.com, Depok - Duka menyelimuti Pondok Pesantren Al Hikam, Malang, Jawa Timur yang menjadi kediaman KH Hasyim Muzadi. Mantan Ketua PBNU ini mengembuskan napas terakhirnya pagi tadi, sekitar pukul 06.15 WIB.

Sejak tersiar kabar meninggalnya Hasyim Muzadi, ribuan pelayat berdatangan ke rumah duka. Baik tokoh pemerintahan, ulama serta warga berduyun-duyun menyampaikan belasungkawa.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (16/3/2017), usai salat dzuhur, jenazah KH Hasyim Muzadi diterbangkan ke Jakarta untuk dimakamkan di lingkungan Pondok Pesantren Al Hikam 2, Depok, Jawa Barat.

Sementara itu, di Ponpes Al Hikam Depok, para santri tengah mempersiapkan pemakaman almarhum. Keinginan tersebut merupakan pesan Hasyim Muzadi sebelum wafat  agar ia bisa selalu dekat dengan para santrinya.

Hasyim Muzadi wafat pada usia 73 tahun. Almarhum sempat beberapa kali dirawat di rumah sakit akibat mengalami komplikasi. Presiden Joko Widodo atau Jokowi sempat datang menjenguk mantan pimpinan Ketua PBNU ini, sehari sebelum wafat.

Saksikan video ribuan pelayat yang berdatangan ke rumah KH Hasyim Muzadi di Depok. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.