Sukses

VIDEO: Indonesia Kehilangan Figur Hasyim Muzadi

Liputan6.com, Malang - Indonesia kehilangan sosok ulama terkemuka. KH Ahmad Hasyim Muzadi, Pengasuh Pondok Pesantren Al Hikam Malang yang juga Anggota Dewan Pertimbangan Presiden dan mantan Ketua Umum Pengurus Besar NU wafat Kamis pagi pukul 06.00 WIB di kediamannya di Pondok Pesantren Al Hikam Malang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (17/3/2017) almarhum meninggal di usia 72 tahun setelah menderita sakit komplikasi dan sempat dirawat beberapa kali di rumah sakit.

Usai sholat zhuhur, Jenazah KH Hasyim Muzadi diberangkatkan dari rumah duka Pondok Pesantren Al Hikam, Malang dengan upacara militer dipimpin Pangdam Lima Brawijaya, Mayor Jenderal TNI Made Sukadana. Istri almarhum, Muthamimah turut mengantarkan jenazah ke dalam mobil ambulan.

Dari Pondok Pesantren Al Hikam, Malang jenazah dibawa ke Bandara Abdurahman Saleh untuk kemudian diterbangkan ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Pukul 14 45 Pesawat Hercules yang membawa jenazah KH Hasyim Muzadi tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Jenazah langsung diserah terimakan dari keluarga ke pemerintah yang diwakili Menteri Sekretaris Negara Pratikno untuk dimakamkan dengan tata cara kenegaraan. Jenazah langsung dibawa ke rumah duka di Pondok Pesantren Al hHikam 2 di Depok, Jawa Barat.

Jenazah almarhum KH Hasyim Muzadi akhirnya dimakamkan di Pesantren Al Hikam dua dengan upacara pemakaman kenegaraan dan dipimpin Wakil Presiden Jusuf Kalla sekitar pukul 17.00 WIB. Selain dihadiri keluarga, ribuan santri dan warga. Pemakaman juga dihadiri pejabat negara ulama dan habaib.

Saksikan tayangan Indonesia kehilangan figur Hasyim Muzadi selengkapnya.

Artikel Selanjutnya
Ketum PAN: 72 Tahun Indonesia Dikepung Banyak Salah Paham
Artikel Selanjutnya
KH Ma'ruf Amin Pimpin Langsung Konsolidasi NU, Ada Apa?