Sukses

Sosok Minggu Ini: Endang, Tukang Ojek Online Kembangkan Pesantren

Liputan6.com, Bogor - Namanya Endang Irawan, tetapi banyak yang memanggilnya Bang Soplo. Selain menjalankan aktivitas keseharian sebagai pengemudi ojek online, pemuda Betawi ini kerap mengunjungi santri dan santriwati di Pondok Pesantren Nurul Iman di Kampung Cipayung, Sukaharja, Ciomas, Bogor, Jawa Barat.

Endang dan keluarga membimbing 120 santri dan santriwati agar dapat membaca dan menghapal Alquran dengan baik.

"Saya bersemangat untuk mencetak dari pada generasi-generasi penerus, dijadikan sebagai penghapal Alquran, bahwasanya mereka-mereka penghapal Alquran itu bermanfaat bagi dirinya dan bermanfaat kepada orang lain, kepada keluarganya bahkan kepada nusa dan bangsa, dia akan kembangkan nanti di pelosok-pelosok dimana dia berada" pungkas Endang.

Endang membesarkan pondok pesantren ini untuk membantu warga yang kurang mampu. "Dari awal kita ada komitmen sebenarnya ini ada yang bilang free (gratis) bahkan ada sadaqah juga" ujar Endang.

Tak mudah mengembangkan pondok pesantren yang dikelola secara mandiri, berkat kerja keras dan keyakinan yang kuat serta kerjasama yang erat, Endang bersama keluarganya dapat bertahan dan melewati masa-masa sulit.

Endang memiliki harapan agar generasi muda bermartabat dan memiliki ahklak yang baik, sehingga dapat bermanfaat bagi lingkungan dan sesama.

"Semua intinya manusia ini harus harus berusaha, kedua sabar," kata Endang.

Saksikan selengkapnya sosok tukang ojek online membesarkan pondok pesantren dalam Sosok Minggu Ini yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (19/3/2017).

Artikel Selanjutnya
Amanat Kiai Cipasung untuk Dedi Mulyadi Jika Jadi Gubernur Jabar
Artikel Selanjutnya
Belajar Keikhlasan dari Sosok-Sosok Pejuang Kehidupan