Sukses

VIDEO: Ini Bahaya Virus Anjing Gila yang Tewaskan Siswi di Mamasa

Bila seseorang terkena rabies atau penyakit anjing gila mulai dari tubuh dilanda demam, sakit tenggorokan hingga mudah marah.

Liputan6.com, Mamasa - Ungkapan bela sungkawa terus mengalir ke rumah duka Riska (16 tahun) satu dari empat siswa Sekolah Menengah Teologia Kristen (SMTK) Mamasa, Sulawesi Barat yang digigit anjing gila. Riska akhirnya meninggal dunia sebelum tersentuh penanganan medis.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (26/3/2017), kejadian ini membuat warga Mamasa kini mulai cemas lantaran penyakit rabies saat ini sedang merebak di berbagai tempat menyusul banyaknya anjing gila yang berkeliaran di pemukiman warga.

Dalam sebulan terakhir jumlah korban gigitan anjing gila dilarikan ke sarana ke puskesmas dan rumah sakit di Mamasa telah mencapai 17 orang. Namun sayang tak semua yang tergigit oleh anjing gila langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapat penanganan.

Penyakit rabies atau anjing gila disebabkan virus yang masuk ke tubuh manusia dari air liur sejumlah hewan seperti anjing, kucing, dan kera. Gejala bila seseorang terkena rabies mulai dari tubuh dilanda demam, sakit tenggorokan, hingga mudah marah.

Selanjutnya, penderita akan takut air dan cahaya. Bila sudah menyerang otak, virus akan menyebabkan kematian karena gagalnya sistem pernafasan satau serangan jantung.

Saksikan tayangan video Ini Bahaya Virus Anjing Gila yang Tewaskan Siswi di Mamasa selengkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.