Sukses

VIDEO: Mahasiswa dan Dosen UPI Padang Ciptakan ATM Sampah

Liputan6.com, Padang - Mahasiswa dan dosen Universitas Putra Indonesia (UPI) Kota Padang, Sumatera Barat, menciptakan ATM sampah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (28/3/2017), ATM sampah yang diciptakan ini merupakan ide dan bentuk kepedulian terhadap lingkungan agar tetap terjaga dari sampah-sampah bekas minuman.

Prinsip kerja ATM sampah ini adalah menampung sampah botol plastik dari masyarakat yang sudah teregister terlebih dahulu. Semakin banyak sampah botol plastik yang diserahkan, jumlah uang di rekening pemilik sampah akan bertambah secara otomatis.

Pihak kampus UPI Padang akan mengolah sampah botol plastik tersebut menjadi bahan kerajinan yang bernilai ekonomis.

Untuk pengoperasian ATM sampah ini cukup dengan menempelkan sebuah kartu khusus yang sudah dicetak. Layaknya seperti ATM perbankan. Lalu akan muncul di layar dengan menu pilihan ukuran botol plastik yang akan kita buang ke dalam ATM sampah.

Siti Hutari Mulyani lah dosen penemu ATM sampah itu. Agar alat ATM sampah ini dapat berfungsi lebih baik, pihaknya masih menyempurnakannya agar bisa diluncurkan dan digunakan di tempat umum.

Saksikan tayangan video ATM sampah yang diciptakan mahasiswa dan dosen UPI Padang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.