Sukses

VIDEO: Umat Hindu Bali Jalani Catur Brata di Hari Raya Nyepi

Umat Hindu di Hari Nyepi jalani empat pantangan selama satu hari penuh

Liputan6.com, Bali Hari ini umat hindu merayakan Hari Raya Nyepi di Bali. Umat Hindu menjalankan Catur Brata penyepian selama sehari penuh. Selama menjalankan catur brata umat hindu Bali melakukan empat pantangan hingga esok pagi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (28/3/2017), ruas-ruas jalan raya seperti di jalan raya Tuban, Badung yang biasanya ramai dan padat, hari ini sepi dari aktivitas. Akses jalan Tol Bali-Mandara pun ditutup sepanjang proses penyepian hingga Rabu esok.

Hanya para pecalang yang menjaga dan mengawasi setiap sudut wilayah agar proses Catur Brata penyepian berjalan lancar.

Di Hari Raya Nyepi ini umat Hindu menjalankan empat pantangan selama sehari penuh yaitu amati geni, atau tidak menyalakan penerangan, amati karya atau tidak melakukan aktivitas atau bekerja, amati lelungan atau tidak bepergian, dan amati lelanguan atau tidak melaksakan hiburan atau bersenang senang.

Di desa adat Tuban sekitar 100 personel Pecalang dikerahkan dengan kekuatan 3-5 orang di setiap pos penjagaan. 

Proses tapa Brata pada Hari Raya Nyepi sendiri berlangsung selama satu hari penuh sejak Selasa pagi pukul 06.00 Wita hingga Rabu pagi pukul 06.00 Wita.

Saksikan tayangan video Umat Hindu Bali Jalani Catur Brata di Hari Raya Nyepi selengkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.