Sukses

VIDEO: Menguak Misteri Suku Mante Aceh Viral di Medsos

Liputan6.com, Aceh - Video yang diunggah sebuah kelompok petualang menggunakan Motor Trail yang menjelajahi pedalaman Aceh sepekan belakangan menjadi viral di media sosial.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (28/3/2017) Pada rekaman video itu sekelebat keberadaan sesosok manusia dalam wujud mini atau kecil sempat terlihat dua kali saat motor trail penjelajah melintas.

Kemudian video itu menjadi viral dan sosok manusia kecil diduga kuat sebagai bagian dari Suku Mante suku tertua asal Tanah Rencong Aceh.

Mengomentari video itu, Sejarawan Aceh menilai kemungkinan Suku Mante atau mantra masih hidup bisa saja terjadi. Namun kemungkinannya sangat kecil. Sebab suku itu merupakan Suku Melayu Tua yang jadi leluhur penduduk di Pulau Sumatera.

"Suku ini tidak berbahaya bagi manusia. Mereka (Suku Mante) tidak membahayakan manusia dan tinggal didalam gua, " Ujar Sejarawan Aceh, Adli Abdullah.

Atas temuan para penjelajah motor trail itu sejarawan berharap pemerintah Aceh mendalami informasi itu sehingga keberadaan Suku Melayu Tua itu bisa dilindungi.

Saksikan tayangan video Menguak Misteri Suku Mante Aceh Viral di Medsos selengkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.