Sukses

VIDEO: 2 Kepala 1 Badan, Bayi Kembar Ini Tak Dapat Dipisahkan

Kembar siam ini terlahir dengan dua kepala, satu tubuh, dan sepasang kaki dan tangan.

Liputan6.com, Medan - Dua bayi kembar siam dari Kota Binjai mendapat perawatan intensif di ruang perinatologi Rumah Sakit Adam Malik Pusat, Medan, Sumatera Utara.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (31/3/2017), sejauh ini kondisi bayi yang lahir pada 28 Maret 2017 kemarin relatif sehat.

Kembar siam ini terlahir dengan dua kepala, satu tubuh, dan sepasang kaki dan tangan. Secara medis, operasi pemisahan sangat tidak mungkin dilakukan untuk kasus ini.

Namun untuk tahap awal penanganan, pihak rumah sakit telah operasi pembentukan lubang anus terhadap sang bayi.

Selain itu, tim medis juga masih mengoptimalkan upaya penanganan dan pemeriksaan pada organ vital bayi kembar siam ini.

"Untuk bayi yang pertama sangat mungkin untuk pemisahan. Tapi kita ingin dalam kondisi maksimal terlebih dahulu. Kapan nanti dilakukan operasi, nanti tim akan rapat untuk memutuskan secara bersama. Bisa di usia 2 hingga 4 bulan atau bahkan di usia 1 tahun," jelas Sekretaris Tim Penanganan Medis RS Adam Malik Rizki Ardiansyah.

"Namun untuk bayi yang kedua sangat tidak mungkin untuk dilakukan pemisahan. Karena kondisi dua kepala, satu badan," tambah dr Rizki.

Saksikan video dua bayi kembar siam yang terlahir dengan dua kepala dan satu tubuh asal Binjai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.