Sukses

VIDEO: Siswa SMK Gunakan Jaringan Android untuk Akses Soal UN

Beberapa kendala dalam Ujian Nasional masih ditemui di beberapa daerah.

Liputan6.com, Padang - Seluruh siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK serentak di Indonesia, mulai hari ini, Senin (3/4/2017). Namun beberapa kendala masih ditemui di beberapa daerah. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (3/4/2017), sebanyak 19 siswa SMK 1 Taruna, Padang, Sumatera Barat, harus bergabung dengan 247 siswa SMK Negeri 3 Padang, karena keterbatasan fasilitas komputer. Pihak sekolah juga berkoordinasi dengan PLN, agar tidak ada pemadaman listrik selama ujian berlangsung.

Sementara di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, guna mengantisipasi kendala mati lampu pada pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMK, sejumlah sekolah menyediakan genset.

Namun sebagian siswa akhirnya diizinkan memakai laptop pribadi karena komputer yang disediakan sekolah, mengalami gangguan sesaat sebelum ujian dimulai.

Kendala pelaksanaan UNBK juga dihadapi siswa SMK di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Akibat kerusakan jaringan Telkom, yang digunakan untuk mengakses peladen alias server, puluhan siswa SMK Negeri 3 terpaksa menggunakan jaringan android untuk mengakses soal.

Mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama UNBK yaitu Bahasa Indonesia. Sedangkan pada hari kedua, ketiga, dan keempat, adalah matematika, bahasa Inggris dan mata pelajaran kejuruan.

Selama Ujian Nasional berlangsung, guru pengawas berasal dari sekolah lain sehingga pengawasan ujian lebih maksimal.

Saksikan tayangan video kendala Ujian Nasional Berbasis Komputer di beberapa daerah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.