Sukses

VIDEO: Permohonan Siswa SD Minta Tas pada Jokowi Viral

Dengan wajah lugu dan suara lirih, anak-anak ini memohon pada Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Sungkung - Potret para siswa Sekolah Dasar Negeri 4 di Desa Sungkung, Kecamatan Siding, Kabupaten, Bengkayang, Kalimantan Barat terlihat memprihatin. Dengan wajah lugu dan suara lirih, anak-anak ini memohon pada Presiden Joko Widodo.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (6/4/2017), alih-alih seragam yang disetrika rapi, mereka belajar di sekolah dengan memakai sandal dan menggunakan kantong plastik sebagai pengganti tas sekolah.

Kondisi pendidikan yang memprihatinkan menjadi viral di kalangan warganet setelah diungkap akun instagram @anggitpurwoto. Dalam tayangan tersebut, sejumlah anak-anak meminta tas kepada Presiden Jokowi.

"Minta tas," begitu penggalan kata anak-anak dalam video tersebut.

Guru muda yang bertugas di tapal batas, Kalimantan Barat ini juga bercerita mengenai kerasnya kehidupan yang harus dijalani para siswa. Sulitnya akses dan minimnya fasilitas menyebabkan mereka harus hidup seadanya.

Indonesia memang masih memiliki sejumlah wilayah terpencil yang belum sepenuhnya terjamah pembangunan yang memadai. Para siswa SDN 4 Sungkung di Kalimantan Barat ini hanyalah satu contoh dari sekian banyak kondisi pendidikan yang memprihatinkan di Tanah Air.

Saksikan tayangan video Permohonan Siswa SD Kalimantan Barat Minta Tas pada Jokowi selengkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.