Sukses

VIDEO: 60 Rudal Balasan AS Hantam Pangkalan Militer Suriah

Serangan pertama AS terhadap kekuatan militer Suriah dan aksi militer Donald Trump paling dramatis sejak ia jadi presiden.

Liputan6.com, Suriah Sedikitnya 60 Rudal Tomahawk ditembakkan kapal perang Amerika Serikat USS Ross dan USS Potter, dengan sasaran pangkalan angkatan udara yang dikuasai pemerintah Suriah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (7/4/2017), ini adalah serangan langsung pertama Amerika terhadap kekuatan militer Suriah dan aksi militer Donald Trump paling dramatis sejak ia jadi presiden.

Padahal pada masa kampanye kepresidenan Trump menegaskan, tak ingin Amerika terlibat perang Suriah. Namun kabarnya melihat foto anak-anak Suriah yang tewas dalam serangan kimia beberapa hari lalu, Trump berang hingga memerintahkan serangan ke militer Suriah.

Serangan menghantam pangkalan udara Shayrat di Suriah bagian tengah, yang menurut Amerika merupakan lokasi tinggal landas pesawat pembawa senjata kimia Suriah. Televisi Suriah menyatakan serangan rudal ini merupakan agresi.

Serangan militer Suriah ke Khan Sheikhoun, Provinsi Idlib Selasa 3 April lalu yang ditujukan ke pihak oposisi menewaskan sedikitnya 72 orang. Dari gejala yang diderita para korban, diduga serangan itu menggunakan gas syaraf sarin.

Namun pemerintahan Presiden Bashar Al-Assad membantah menggunakan gas beracun. Pemerintah Suriah mengklaim mereka menghancurkan gudang senjata oposisi pemberontak yang ternyata menyimpan peluru atau granat berisi gas beracun.

Saksikan tayangan video 60 Rudal Balasan AS Sukses Hantam Pangkalan Militer Suriah selengkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.