Sukses

VIDEO: Para Tokoh Sepakat Pancasila Pemersatu di Kirab Kebangsaan

Acara Kirab Kebangsaan ini bertujuan agar pemuda Indonesia semakin mencintai Pancasila.

Liputan6.com, Jakarta Minggu pagi kawasan Jakarta Timur diramaikan dengan Kirab Kebangsaan, tepatnya di Jalan Pemuda Rawamangun.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (9/4/2017), ribuan peserta mengikuti Kirab Kebangsaan dimulai dari Halte Velodrom hingga Universitas Negeri Jakarta Kampus Timur.

Acara peringatan ulang tahun ke-9 Taruna Merah Putih ini bertujuan agar pemuda Indonesia semakin mencintai Pancasila dan Persatuan dalam keanekaragaman Indonesia.

Berbagai suguhan musik dan seni budaya digelar. Tidak hanya itu, tampak putri mantan Presiden ke-4 Republik Indonesia, Yenni Wahid ikut jalan santai sejauh 4.3 kilometer.

"Kita berkumpul di sini beda agama, beda etnis, beda suku. Bahkan saya jelaskan kita beda-beda partai pun kita tetap bersatu untuk Pancasila," ujar Ketua Taruna Merah Putih, Maruarar Sirait.

Hal ini juga dikemukakan oleh Yenni Wahid bahwa Pancasila bisa menjadi pemersatu bangsa Indonesia yang bermacam-macam suku dan ras.  Tampak juga dalam acara kirab tersebut Wali kota Bandung Ridwan Kamil

"Kehadiran saya hanya menyemangati bahwa Pancasila sebagai pemersatu bangsa. Negara-negara lain ingin belajar Pancasila. Dengan perbedaan yang ada kuncinya cuma satu Pancasila," ungkap Ridwan Kamil.

Peserta Kirab Kebangsaan ini tidak terbatas usia mulai dari anak-anak hingga lansia.

Saksikan tayangan video Para tokoh sepakat Pancasila Pemersatu di Kirab Kebangsaan selengkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.