Sukses

VIDEO: Perjuangan Kirim Bantuan Alat Sekolah ke Perbatasan Kalbar

Liputan6.com, Bengkayang - Bantuan alat sekolah untuk para siswa SD akhirnya sampai di Sungkung, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat (Kalbar). Meski, butuh perjuangan berat untuk membawa perlengkapan sekolah bagi para siswa tersebut.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (13/4/2017), pengiriman bantuan ke Bengkayang tersebut harus dilalui dengan membelah Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Sungai Sekayam di perbatasanĀ Indonesia dan Malaysia menjadi akses menuju Desa Sungkung, Kabupaten Bengkayang. Di tepi sungai tersebut, perjalanan tas bantuan untuk para siswa pun dimulai dengan medan yang berat.

Dengan dua perahu, Anggit Purwoto sang guru, bersama warga kampung harus berjuang. Mereka harus melalui bagian sungai berarus deras dan berbatu.

Bantuan perlengkapan sekolah tahap pertama itu dari para donatur, termasuk sejumlah artis. Sementara bantuan dari Presiden Jokowi dibawa pasukan TNI melalui jalan darat.

Setelah beberapa kali beristirahat, perjalanan yang dimulai pukul 09.00 itu pun berakhir di Dusun Medeng, Desa Sungkung, pukul 18.00. Tak sampai di situ, jalan kaki pun dimulai dengan memakan waktu satu jam melalui tanah berbukit.

Rute yang cukup panjang ini dimulai dari Jakarta dengan pesawat terbang menuju Pontianak. Lalu, menempuh perjalanan darat menuju Entikong. Kemudian, dilanjutkan dengan perjalanan melalui sungai dari Entikong ke Sungkung dan perjalanan darat menuju SD Negeri 04.

Perjuangan tidak sia-sia. Segala jerih payah terbayar dengan senyum ceria para siswa perbatasan memakai perlengkapan sekolah yang baru.

Saksikan perjuangan mengirim bantuan alat sekolah ke siswa perbatasan berikut ini.