Sukses

Romo Magnis: Masyarakat Indonesia Harus Memelihara Kebinekaan

Liputan6.com, Jakarta - Rohaniawan dan budayawan Franz Magnis Suseno mengimbau masyarakat Indonesia menjaga dan memelihara kebhinekaan. Hal ini agar masyarakat Indonesia bersatu dan tidak menimbulkan perpecahan.

Hal demikian diungkapkan Franz Magnis Suseno dalam program Merawat Persatuan yang ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (14/4/2017).

"Dalam Sumpah Pemuda tahun 1928, orang Indonesia dengan macam-macam bahasa, etnik, perbedaan agama, perbedaan orientasi agama, bertekad, bersama-sama memperjuangkan satu tanah, satu bangsa Indonesia dalam satu bangsa kesatuan Indonesia," kata Franz Magnis Suseno yang biasa disapa Romo Magnis ini

Franz Magnis Suseno juga mengaku selalu kagum dengan Islam sebagai agama mayoritas di Indonesia. Dengan penganutnya yang mencapai 86 persen, Islam di Tanah Air tidak menuntut kedudukan khusus.

"Pancasila adalah kontrak sosial untuk saling menerima dalam keikhlasan. Kalau kita melihat situasi itu, kita harus kembali ke kontrak itu. Kita harus bersedia menerima bahwa kita sama-sama orang Indonesia, tetapi berbeda," pungkas Franz Magnis Suseno.

Lalu, apa yang harus dilakukan masyarakat Indonesia untuk mengingat lahirnya Sumpah Pemuda, agar tidak mudah terprovokasi dengan isu agama menurut Franz Magnis Suseno? Simak selengkapnya berikut ini.

Artikel Selanjutnya
Menag: Tak Ada Alasan Sebut Pancasila Tidak Sejalan dengan Agama
Artikel Selanjutnya
Djarot Bacakan Pidato Jokowi saat Upacara Hari Pancasila di Monas