Sukses

VIDEO: Presiden Jokowi Resmikan Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari

Presiden juga menandatangani prasasti peresmian didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

Liputan6.com, Jakarta Tabuhan bedug Presiden Joko Widodo atau Jokowi menandai peresmian Masjid Raya Kyai Haji Hasyim Asy'ari di Daan Mogot, Jakarta Barat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (16/5/2017), presiden juga menandatangani prasasti peresmian didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono, serta perwakilan keluarga almarhum KH Hasyim Asy'ari.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga menyempatkan diri untuk shalat dzuhur berjamaah di masjid ini. Presiden meyampaikan pemberian nama masjid raya ini untuk menghormati jasa almarhum KH Hasyim Asy'ari sebagai pendiri Nahdlatul Ulama pahlawan nasional yang patut dicontoh keteladannya.

Presiden Jokowi juga mengimbau pentingnya menjunjung tinggi kemajemukan. Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari dibangun Pemprov DKI Jakarta sejak tahun 2014. Sentuhan ornamen betawi begitu kental menghiasi masjid berlantai dua ini.

Terdapat pula lima menara sebagai simbol rukun islam. Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 2,4 hektare. Lokasinya berdekatan dengan rusunawa Daan Mogot, Jakarta Barat. 

Diharapkan Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari menjadi ikon wilayah Jakarta Barat di samping tujuan utamanya sebagai sarana dakwah, kegiatan sosial, pendidikan, dan mengembangkan ekonomi masyarakat sekitar. Rencananya pemerintah juga akan membangun masjid raya di beberapa wilayah DKI Jakarta.

Saksikan tayangan video Presiden Jokowi Resmikan Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari selengkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.