Sukses

VIDEO: Polisi Tutup Keraton Kasunanan Surakarta

Liputan6.com, Solo - Sejumlah polisi berjaga-jaga di Kompleks Keraton Kasunanan Surakarta, Jawa Tengah. Kompleks keraton juga tidak seperti biasanya pada hari libur ini, sepi.

Bahkan seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (16/4/2017), museum yang terletak di timur Keraton Kasunanan Surakarta juga ditutup menyusul penggeledahan polisi pada Sabtu 15 April 2017.

Akibat penutupan ini, sejumlah wisatawan yang terlanjur datang terpaksa pulang. Abdi dalem dan penjaga loket museum pun hanya menunggu.

Penutupan Keraton Kasunanan Surakarta menyusul konflik internal ini dilakukan sejak kemarin. Akibatnya, sejumlah putra-putri raja serta abdi dalem tidak bisa masuk dan menganggap polisi telah berlebihan.

Sementara menurut Kabid Humas Polda Jateng Kombes Djarot Padavoka, pengamanan ini terkait rencana pelaksanaan upacara Tingalan Jumenengan atau ulang tahun tahta raja pada 22 April mendatang.

"Dalam proses ini kan banyak kegiatan-kegiatan, persiapan-persiapan yang harus dilaksanakan. Oleh karena itu, keraton ini akan kita jaga 1 x 24 jam," kata Djarot.

Konflik internal Keraton Kasunanan Surakarta antara Paku Buwono XIII dan adik-adiknya yang tergabung dalam Lembaga Dewan Adat masih berlanjut. Lembaga Dewan Adat selama ini menghalang-halangi rencana Paku Buwana XIII menggelar Jumenengan dalam keraton.

Saksikan penjagaan polisi di Keraton Kasunanan Surakarta berikut ini.

Artikel Selanjutnya
Jubah Emas Raja Kanoman Jadi Rebutan Saat Gelaran Gerebeg Agung
Artikel Selanjutnya
Wali Kota Terjaring OTT KPK, Warga Tegal Datangi Balai Kota