Sukses

Henriette T Hutabarat Lebang: Kemajemukan Bangsa Perlu Dirawat

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) Henriette T Hutabarat Lebang mengungkapkan bahwa kemajemukan yang ada di Bangsa Indonesia ini merupakan anugerah dari Tuhan. Kemajemukan ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Sebagai Bangsa Indonesia kita perlu merawatnya.

Hal itu diungkapkan Henriette dalam program Merawat Persatuan yang ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (18/4/2017).

"Perlu kita kembangkan semangatnya, perlu kita dorong masyarakat terutama generasi muda menghayati apa arti Bhinneka Tunggal Ika, apa arti motto bangsa ini karena kita sekarang menghadapi generasi kedua dan ketiga," ujar Henriette.

Ketika disinggung mengenai peran tokoh agama, dia menuturkan peran mereka sangat penting dan berperan untuk mendampingi umat. Hal ini penting untuk menghayati spiritualitas yang bersumber dari agama masing-masing. Dan bisa menolong umat untuk menghargai kemajemukan sesamanya 

Henriette menuturkan, ada beberapa faktor yang membuat kita menjadi egoistis dan mementingkan kepentingan sendiri, kepentingan kelompok dan semakin materialistis serta bisa meninggalkan saudara-saudara dari kelompok lain.

Bagaimana solusi kemajemukan bangsa Indonesia ini agar bisa menerima perbedaan dalam kesatuan Bhinneka Tungga Ika? Saksikan selengkapnya berikut ini.

 

 

 

 

Artikel Selanjutnya
Seruan Tokoh Agama dan Sesepuh Bangsa untuk Perdamaian Indonesia
Artikel Selanjutnya
Pesan Tokoh Lintas Agama di Hari Kebangkitan Nasional