Sukses

VIDEO: Megahnya Masjid Hasyim Asy'ari Bernuansa Islam dan Betawi

Liputan6.com, Jakarta - Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari berdiri megah di lahan seluas 2,4 hektare. Karena berlokasi di Jalan Daat Mogot, Jakarta Barat, masjid ini disebut juga Masjid Raya Daan Mogot. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (18/4/2017), dengan luas bangunan 1,7 hektare, Masjid Hasyim Asy'ari mampu menampung 12.000 jemaah.

Selain ukurannya yang besar, Masjid Raya Hasyim Asy'ari terbilang unik karena desain dan ornamennya yang mengadopsi nilai-nilai Islam dan budaya Betawi. Sebanyak 5 menaranya misalnya, melambangkan 5 rukun Islam.

Nuansa khas Betawi terdapat pada papan pembatas berukir gigi balang. Seperti filosofi Betawi, ukiran ini mengandung filososi bahwa hidup harus selalu jujur, rajin, ulet, dan sabar. Ada pula ukiran bunga melati yang melambangkan keceriaan dan keramahan.

Berbeda dengan umumnya masjid, Masjid Raya Hasyim Asy'ari tidak punya kubah. Atap masjid ini berbentuk kerucut, menyadur konsep rumah bapang khas Betawi. 

Masjid raya ini juga ramah bagi penyandang disabilitas. Kendaraan yang mengangkut para difabel boleh berhenti tepat di depan jalan khusus.

Tidak hanya jadi tempat salat, Masjid Raya Hasyim Asy'ari juga didesain sebagai pusat pemberdayaan umat. Masjid ini antara lain juga dilengkapi aula serbaguna, fasilitas pendidikan, kesehatan, dan warung koperasi, bahkan posyandu.

Mulai dibangun September 2014, Masjid Raya Hasyim Asy'ari menelan biaya Rp 164 miliar dan diresmikan Presiden Joko Widodo, Sabtu pekan lalu. Nama masjid terbesar di Jakarta Barat ini merujuk pada pendiri Nahdlatul Ulama, Kiai Haji Hasyim Asy'ari.

Saksikan selengkapnya tayangan video kemegahan Masjid Raya Hasyim Asy'ari di Jakarta Barat.

Artikel Selanjutnya
Megahnya Masjid Raya Al Azhom, dengan Kubah Terbesar di Indonesia
Artikel Selanjutnya
7 Masjid Unik di Indonesia Ini Bikin Kamu Melongo