Sukses

Pantang Menyerah: Kapten Agustine, Nahkoda Kapal Tanker Indonesia

Liputan6.com, Semarang - Kapten Agustine Nurul Fitriah merupakan perempuan pertama yang menakhodai Kapal Tanker di Indonesia. Kapal bermuatan 19.000 kiloliter bahan bakar dan 31 ABK yang semuanya laki laki ada di bawah kendali wanita 34 tahun ini.

"Safety yang paling utama. Di situ saya tekankan sama anak buah saya. Apapun yang terjadi ikutin komando saya karena saya yang tahu. Saya yang bawa nyawa kapal ini, emosi tidak penting.  Dengan ketenangan itu kita bisa membawa kapal dengan selamat," ujar Agustine Nurul Fitriah seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (21/4/2017).

Lulus SMA, Agustine melanjutkan pendidikan Politeknik Ilmu Pelayaran di Semarang. Keinginan Agustine sempat ditentang keluarga terutama sang bunda karena profesi pelaut identik dengan pekerjaan laki laki.

"Saya di atas laut ini berjuang untuk keluarga. Dengan kenyamanan finansial yang saya dapat saya bisa membahagiakan keluarga saya dan bisa bertemu kapan saja," ungkap Agustine Nurul Fitriah.

Ibu dua anak yang pernah bekerja di kapal penyeberangan ini juga menjadi dosen. Sejak tahun 2009, ia aktif di Kapal Tanker Pertamina sebagai Mualim I. Berkat kerja kerasnya, empat tahun kemudian Agustine diangkat sebagai nakhoda kapal.

"Kalau pelaut itu kalau sudah jadi perwira pengen jadi nahkoda. Kalau pelaut bukan cita-cita tapi takdir saya," kata dia. 

Kapal Tangker milik Pertamina ini berlayar hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Faktor keamanan menjadi prioritas sang nakhoda. Kesetaraan gender bukan lagi wacana. Kapten Agustine membuktikannya.

Bagaimana Kisah Kapten Kapal Tanker Agustine Nurul Fitriah? Saksikan selengkapnya dalam Pantang Menyerah berikut ini.

Artikel Selanjutnya
Ini Spesifikasi KRI Nagapasa-403, Kapal Selam TNI Buatan Korsel
Artikel Selanjutnya
10 Jasad Pelaut Ditemukan Pasca-Tabrakan Kapal Perang Vs Tanker