Sukses

Barometer Pekan Ini: Menuju Jakarta Baru

Sorak-sorai serta lagu lagu atas kemenangan pasangan Anies - Sandi versi hitung cepat menggelegar DKI Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Pesta demokrasi Pilkada DKI 2017 putaran kedua rampung sudah. Rabu lalu semua mata penghuni Nusantara tertuju kepada empat orang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (22/4/2017) Calon Gubernur Petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang unggul pada putaran pertama Februari lalu bersama Veronica Tan dan putra sulungnyamencoblos di TPS 54 Pantai Mutiara Jakarta Utara.

Wakilnya Djarot Saiful Hidayat bersama istri, Happy Farida, menggunakan hak pilih di TPS 8 Kelurahan Kuningan Timur, lokasi rumah dinas wakil gubernur DKI Jakarta.

Sementara penantang Basuki Cagub Anies Baswedan mengawali hari dengan sungkem pada orang tua dan mertuanya. Kemudian mencoblos bersama istri, Fery Farhati Ganis, serta putri mereka di TPS 28 dekat rumah mereka.

Calon wakil Anies, Sandiaga Uno, tidak melewatkan rutinitas lari pagi lima kilometernya. Lalu bersama istri dan putri mereka mencoblos di TPS 01 Kelurahan Selong.

Presiden dan Ibu negara Joko Widodo juga menunaikan hak pilih mereka sebagai warga ibukota di TPS 4 Gambir Jakarta Pusat. Presiden berpesan agar perbedaan pilihan politik tidak memecah persaudaraan warga ibukota.

Wakil presiden dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla serta keluarga yang mencoblos di TPS 3 Darmawangsa berharap agar siapapun yang terpilih berupaya mengatasi banjir dan kemacetan lalu lintas.

Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarno Putri yang mengusung pasangan petahana berharap kualitas pemimpin hasil pilkada semakin baik.

Sementara Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerindra pengusung pasangan Anies - Sandi optimis jagoannya menang.

Meski umumnya aman dan damai pemungutan suara putaran kedua diwarnai sejumlah insiden seperti di Kalideres Jakarta Barat. Warga resah atas aksi sejumlah pemuda yang dinilai sebagai pengawas liar di TPS . Pengawas liar itupun jadi bulan-bulanan warga.

Sejumlah pemuda lain ditangkapi polisi lantaran mengenakan kaos bernada provokatif saat pemungutan suara yang juga terjadi di Kalideres Jakarta Barat. Mereka diperintahkan mencopot kaos yang dikenakan itu.

Sorak-sorai kemenangan di Pilkada DKI 2017 serta lagu lagu atas kemenangan pasangan Anies - Sandi versi hitung cepat menggelegar di DPP Partai Gerindra Jakarta Selatan.

Sorak-sorai kemenangan juga menggelegar di kediaman keluarga besar Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara Kebayoran Lam, Jakarta Selatan. Semua pimpinan partai pengusung Anies - Sandi berkumpul juga merayakan kemenangan atas hasil hitung cepat Pilkada DKI putaran kedua.

Pasangan Ahok - Djarot beserta seluruh partai politik pengusung dan tim sukses berbesar hati atas angka-angka hasil hitung cepat.

Pasangan Anies - Sandi meraup 57,95 persen suara. Pasangan petahana Ahok - Djarot memperoleh 42, 05 persen suara. Ada selisih 15, 9 persen.

Berdasarkan rekapitulasi wilayah Anies - Sandi unggul dari Ahok - Djarot di enam wilayah ibukota dalam kisaran lima persen.

Namun untuk Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu Anies - Sandi unggul di kisaran 18 hingga 19 persen.

Sehari setelah pilkada, Ahok dan Anies bertemu di Balai Kota. Hal ini memberi teladan baru bagi transisi kepemimpinan daerah agar para pendukung tak lagi berseteru usai Pilkada DKI 2017 ini.

Namun Anies dan Sandi harus ingat untuk mewujudkan janji kampanye agar bisa melampaui standar pelayanan tinggi bagi warga ibukota.

Saksikan Gegap Gempita Hasil Pilkada DKI 2017 Menuju Jakarta Baru selengkapnya dalam Barometer Pekan Ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.