Sukses

Sosok Minggu Ini: Ridwan Effendi, Kandidat Doktor Tunanetra

Tak hanya menyerap ilmu, ayah tiga orang anak ini juga membagi ilmunya sebagai dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Kegelapan bukan alasan untuk putus asa dan patah semangat. Bagi Ridwan Effendi disabilitas tak menjadi halangan untuk mengenyam ilmu pengetahuan.

Semangatnya untuk terus belajar membuatnya menyelesaikan berbagai jenjang pendidikan. Dan kini ia sedang menempuh pendidikan jenjang doktoral dalam bidang Bahasa Arab.

"Profesi ini membanggakan dan juga mulia karena ia bisa berbagi dengan keilmuan yang lain. Kuliah S-3 ini merupakan tuntutan profesi seorang dosen dan yang paling penting meningkatkan keilmuan Bahasa Arab saya," ujar Ridwan Effendi.

Tak hanya menyerap ilmu, ayah tiga orang anak ini juga membagi ilmunya sebagai dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam Bandung.

"Enggak nyangka, beliau (Ridwan Effendi) mempunyai kekurangan. Tapi banyak sekali kelebihannya, terutama dalam menyampaikan materi saat kita belajar mengajar dan lebih dapet serta langsung kita terima," ungkap Senna, mahasiswi STIA Bandung.

Aktif menulis beberapa buku, Ridwan juga mendirikan Yayasan Saman Netra Mulia yang membantu penyandang disabilitas khususnya tunanetra.

"Tujuan saya membuat lembaga sosial ini supaya mereka dan sahabat-sahabat saya bisa hidup mandiri dan bisa bermanfaat buat masyarakat," ungkap Ridwan.

Salah satu sahabat Ridwan, Ayi Rahmad Hidayat mengungkapkan sosok Ridwan mempunyai kualitas rata-rata.

Mandiri dan berguna untuk sesama adalah harapannya. Ia (Ridwan Effendi) sangat senang membantu dan menjadi motivasi untuk teman-teman penyandang disabilitas.

Saksikan kisah inspirasi Ridwan Effendi Dosen Tunanetra dalam Sosok Minggu Ini yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (23/4/2017).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.