Sukses

VIDEO: Distribusi E-KTP Masih Jauh di Bawah Kebutuhan

Sekitar 82 ribu warga tidak bisa membuat e-KTP.

Liputan6.com, Semarang - Pembuatan KTP elektronik atau e-KTP masih menuai masalah. Pendistribusian blanko e-KTP ke sejumlah daerah di tanah air masih belum memenuhi kebutuhan. Salah satunya di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (25/4/2017), dari total kebutuhan 92 ribu blanko, Kementerian Dalam Negeri baru mengirim 10 ribu blanko ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Dispendukcapil. Akibatnya sekitar 82 ribu warga tidak bisa membuat e-KTP

Blangko e-KTP yang diterima selanjutnya dibagikan kepada warga di 19 kecamatan.

Setelah mengalami kekosongan blangko e-KTP hingga 6 bulan. Dispendukcapil Kabupaten Klaten mulai mencetak e-KTP, Selasa pagi. Meski demikian, dari total kebutuhan 45 ribu warga, blangko e-KTP yang diterima baru 10 ribu saja.

Pencetakan diprioritaskan bagi masyarakat yang sudah merekam data sejak lima hingga enam bulan lalu.

Dengan tercetaknya e-KTP, sejumlah warga mengaku lega karena sudah lama mereka tidak bisa melakukan trasaksi perbankan akibat belum memiliki kartu identitas.

Saksikan tayangan video distribusi e-KTP masih jauh di bawah kebutuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.