Sukses

Jendela Dunia: May Day, Ribuan Buruh Manila Padati Jalan Protokol

Massa buruh rencananya akan melangsungkan orasi di Gedung Parlemen dan Kementerian Tenaga Kerja Filipina.

Liputan6.com, Manila - Dalam rangka May Day atau Hari Buruh, massa buruh di Kota Manila, Filipina memadati jalan protokol. Berita ini mengawali Jendela Dunia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (1/5/2017).

Massa rencananya akan melangsungkan orasi di Gedung Parlemen dan Kementerian Tenaga Kerja Filipina. Tahun ini, para demonstran kembali menuntut peningkatan kesejahteraan serta jaminan sosial.

Di Kota Seoul, Korea Selatan, perayaan Hari Buruh dimeriahkan dengan panggung hiburan dan penampilan grup vokal. Sesekali para demonstran meneriakkan yel-yel menuntut hak-haknya dipenuhi.

Sementara itu di Beijing, China, satu orang tewas dan dua lainnya luka-luka ketika sebuah mobil SUV tiba-tiba melaju kencang menabrak kantor petugas area parkir. Peristiwa tersebut terjadi pusat perbelanjaan Huamao, Distrik Chaoyang.

Dari penyelidikan polisi disimpulkan, kecelakaan ini disebabkan kelalaian pengemudi. Si sopir wanita berniat menginjak rem, namun salah menginjak pedal gas.

Dari China beralih ke Korea Utara. Akibat uji coba balistik yang dilakukan Korea Utara membuat ketegangan di Semenanjung Korea memanas.

Ditandai dengan Jepang mengirimkan kapal induk izumo ke perairan pasifik barat untuk bergabung dalam latihan militer yang dikomandoi kapal induk Amerika Serikat USS Carl Vinson.

Pekan lalu, Jepang telah mengirimkan dua kapal perusak. Sedangkan AS menyiapkan kapal selam berkekuatan nuklir di perairan Korea Selatan.

Saksikan video ribuan buruh di Manila turun ke jalan protokol pada Hari Buruh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.