Sukses

VIDEO: Jokowi Terima Petani yang Kubur Diri Saat May Day

Aksi kubur diri dilakukan petani Telukjambe sebagai bentuk protes atas konflik agraria di wilayahnya yang tak kunjung selesai.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima belasan petani asal Kampung Cisadang, Telukjambe, Karawang, Jawa Barat di Istana Negara, Rabu (3/1/2017).

Kedatangan para petani ini untuk meminta pemerintah menangani konflik agraria di wilayah mereka.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (3/1/2017), sebelumnya salah satu dari mereka melakukan aksi kubur diri saat peringatan May Day atau Hari Buruh, 1 Mei 2017 di kawasan Patung Kuda. Aksi itu sebagai bentuk protes atas konflik agraria yang tak kunjung diselesaikan.

Masalah bermula saat sebuah perusahaan mengklaim kepemilikan tanah seluas 791 hektare di wilayah Desa Telukjambe. Padahal para petani telah menempati lahan itu sejak 1962.

Akibatnya sekitar 600 hingga 800 petani kehilangan tempat tinggal dan pekerjaan. Sementara 64 anak mereka harus putus sekolah selama delapan bulan terakhir.

Hasil dari pertemuan tersebut, pemerintah dalam hal ini Kementerian Agraria dan Tata Ruang berjanji akan memberikan solusi dalam kurun waktu tiga hari ke depan.

Saksikan video petani Telukjambe yang melakukan aksi kubur diri saat May Day.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.