Sukses

VIDEO: BMKG Analisis Cuaca Ekstrem di Bandung

Hujan Es disertai angin kencang mengguyur Bandung beberapa pekan terakhir.

Liputan6.com, Bandung - Cuaca ekstrem yang melanda Kota Bandung, Jawa Barat dan sekitarnya beberapa pekan terakhir, kerap terjadi di masa peralihan musim.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (4/5/2017), hujan deras disertai angin kencang dan guyuran hujan es di wilayah Bandung dan sekitarnya, beberapa hari ini, menyebabkan pepohonan dan sejumlah baliho tumbang.

Belum lagi banjir bandang yang juga menerjang sejumlah wilayah, seperti di Ciwidey, Rabu, 3 Mai 2017.

Hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrem ini terjadi karena sejumlah hal. Di antaranya karena ada perbedaan suhu, radiasi matahari yang cukup signifikan.

Selain itu kelembaban udara cukup basah di atas 60 persen, hingga pola hembusan angin. Hal ini kerap terjadi di masa-masa peralihan musim, namun kecil kemungkinan terulang di lokasi yang sama.

Pihak BMKG juga sudah mengeluarkan peringatan dini, terkait cuaca ekstrem yang sempat menerjang Kota Bandung dan sekitarnya, untuk lebih berhati-hati dan mengantisipasi berbagai kemungkinan.

Saksikan selengkapnya tayangan video cuaca ekstrem landa di Bandung. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.