Sukses

VIDEO: Mensos Undang Cak Budi Terkait Penyelewengan Donasi

Cak Budi beralasan pembelian mobil dan telepon genggam untuk menunjang aktivitas sosialnya.

Liputan6.com, Jakarta - Budi Utomo atau Cak Budi memenuhi undangan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Kamis (4/5/2017), untuk diminta penjelasannya terkait kegiatan sosial dan penggalangan dana melalui masyarakat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (4/5/2017), kepada Menteri Khofifah, Cak Budi membenarkan seluruh kegiatannya menyalurkan sumbangan yang ia himpun dan disalurkan kepada warga yang kurang mampu.

Ia mengaku tidak memahami aturan pengumpulan dana maupun perizinannya. Ia pun mengakui telah menggunakan uang donasi masyarakat untuk membeli sebuah kendaraan dan ponsel, guna menunjang kegiatannya.

Kepada Cak Budi, Mensos Khofifah mengingatkan, ke depan harus mengantongi izin bila ingin melanjutkan pengumpulan dana dari masyarakat.

Para lansia yang sakit atau ditemui terlantar di jalanan menjadi prioritas Budi Nur Ihsan alias Cak Budi, untuk menarik simpati netizen agar memberi dukungan dana sosial.

Kegiatan sosial Cak Budi kerap diunggah di akun Instagram miliknya @cakbudi, yang diikuti lebih dari 200 ribu pengguna. Tak jarang Cak Budi ikut memulangkan orang yang diberi bantuan ke kampung halamannya hingga diberi modal usaha.

"Silakan diterima, mau untuk modal usaha, dan untuk perbaikan rumah nanti saya yang tanggung. Dan yang silakan disimpan biar tenang," ujar dia.

Belakangan aksi Cak Budi mengundang tanda tanya setelah dirinya membeli mobil Toyota Fortuner dan telepon genggam versi terbaru.

Melalui akun media sosialnya, Cak Budi beralasan pembelian mobil dan telepon genggam untuk menunjang aktivitas sosialnya.

Komentar berupa kecaman yang terus muncul mendorong Cak Budi menjual kembali mobil dan telepon genggam, serta mengembalikan dana yang ia terima sebesar Rp 1,7 miliar.

Aksi sosial Cak Budi melibatkan sejumlah pihak, di antaranya situs penggalangan dana kitabisa.com yang telah menonaktifkan kampanye Cak Budi. Serta akun Instragram @lambeturah yang diikuti lebih dari 2 juta pengguna, yang juga kerap mengekspose kegiatan sosial Cak Budi.

Saksikan selengkapnya tayangan video Mensos Khofifah undang Cak Budi terkait penyelewengan donasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.