Sukses

Nyala Lilin untuk Ahok dari Berbagai Daerah di Tanah Air

Liputan6.com, Batam - Aksi solidaritas untuk gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok terus berlanjut. Ribuan simpatisan di berbagai daerah kembali menggelar aksi untuk memberi dukungan moril pascapenahanan Ahok atas kasus penistaan agama.

Seperti dityangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (12/5/2017), masifnya dukungan untuk Ahok terjadi di Nias, Sumatera Utara. Ribuan warga Gunungsitoli menyalakan seribu lilin dan doa bersama di Taman Yaahowu di Jalan Lagundri, Kamis malam kemarin.

Aksi dihadiri Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly yang tengah berada di Nias. Yasonna berada di Nias dalam rangka peresmian Rutan Teluk Dalam.

Sementara di Batam, Kepulauan Riau, ratusan simpatisan Ahok juga memenuhi lapangan Welcome to Batam di Batam Center, Kamis malam kemarin. Massa menyalakan lilin sebagai bentuk dukungan kepada Ahok yang kini tengah mendekam di Tahanan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Diiringi lantunan lagu kebangsaan, massa menyerukan kekecewaan mereka terhadap penahanan Ahok. Mereka meminta mantan bupati Belitung Timur itu dibebaskan.

Tak hanya itu, aksi solidaritas yang tersebar di berbagai daerah ini juga diunggah melalui media sosial. Ribuan simpatisan di Yogyakarta, Manado, Batam, Rote, Atambua, Nias, Singkawang, dan Toraja serta sejumlah daerah lain serempak menyalakan lilin untuk Ahok.

Menurut pendukung Ahok, nyala terang lilin tersebut digunakan sebagai simbol betapa ketidakadilan dirasakan di seluruh Tanah Air.

Saksikan nyala lilin untuk Ahok dari berbagai daerah di Tanah Air berikut ini.

Artikel Selanjutnya
Aksi 1.000 Lilin untuk Ahok di Berbagai Kota
Artikel Selanjutnya
Aksi 1.000 Lilin untuk Ahok Berlanjut di Biak