Sukses

Trans Papua, Tumpuan Asa Jokowi

Pembangunan jalur Trans Papua semata-mata untuk memicu kemakmuran rakyat di Bumi Cenderawasih.

Liputan6.com, Jakarta - Jalur Trans Papua ditargetkan tersambung seluruhnya pada 2019 mendatang. Jalan ini menjadi proyek prestisius Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Papua dan Papua Barat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (13/5/2017), medan berat dan situasi keamanan yang kadang rawan membuat kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melibatkan TNI. Hal ini semata-mata untuk memicu kemakmuran rakyat di Bumi Cenderawasih.

Dari situs Kementerian PUPR, jalur Trans Papua diharapkan membuka kawasan yang terisolasi dan menekan kemahalan harga. Tak hanya itu, jalan ini juga diharapkan bisa meningkatkan konektivitas antarwilayah di Papua.

Meski pembangunan jalan Trans Papua sudah berjalan sesuai jadwal, Kementerian PUPR masih menemui berbagai kendala. Mulai dari kondisi geografis hingga cuaca ekstrem seperti hujan es.

Konon Trans Papua akan memangkas perjalanan warga yang biasanya maksimal ditempuh satu bulan menjadi satu hari. Selain itu, Papua pun kini tak lagi terisolasi.

Saksikan video pembangunan jalur Trans Papua selengkapnya berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.