Sukses

Virus WannaCry Hambat Layanan Perpustakaan Universitas Jember

Liputan6.com, Jember - Virus Ransomware WannaCry tak hanya menyerang server komputer di rumah sakit, namun juga perguruan tinggi. Jaringan komputer di Universitas Jember, Jawa Timur, juga terkena imbas. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (15/5/2017), aktivitas di Perpustakaan Universitas Jember, sejak Senin pagi (15/5/2017), hingga siang, tidak seramai biasanya. Tak ada kegiatan pelayanan peminjaman buku, baik secara online maupun manual. 

Agar pengunjung tidak kecewa, pihak pengelola pun menempelkan pengumuman ada kerusakan jaringan, sehingga mereka hanya bisa membaca buku di tempat. 

Ini terjadi karena komputer di perpustakaan masih menggunakan program Windows. Untuk mencegah virus ini tidak menyebar, jaringan komputer dan koneksi internet sejak pagi sudah dimatikan.

Beruntung, jadwal SBMPTN yang akan digelar Selasa pagi, aman dari serangan karena sudah mengganti Windows dengan Linux, sehingga tak akan terganggu.

Sementara itu, perkuliahan di Kampus Universitas Tarumanegara, kawasan Grogol, Jakarta Barat, tidak terpengaruh dengan serangan Ransomware WannaCry

Setelah mengetahui ancaman virus ini, sejak Senin pagi, pihak kampus langsung memutus koneksi dengan internet dan jaringan wi fi. Bahkan data yang disimpan di server juga langsung di back up

Karena itu, aktivitas perkuliahan berjalan seperti biasa, karena komputer bisa diaksek secara lokal. Setelah melakukan back up data, jaringan internet ke luar kembali dibuka mulai Senin siang.

Saksikan selengkapnya video virus WannaCry hambat layanan Perpustakaan Universitas Jember.

Artikel Selanjutnya
Ada Perpustakaan Mini untuk Penumpang yang Bosan Menunggu Bus
Artikel Selanjutnya
4 Mahasiswa UI Temukan Cardium, Pengukur Risiko Sakit Jantung