Sukses

Pesawat Australia Masuk Papua Tanpa Izin Masih Ditahan

Petugas baik dari TNI Angkatan Udara, kepolisian dan Bea Cukai, menjaga ketat pesawat dan kedua kru pesawat.

Liputan6.com, Merauke - Pesawat jenis Cessna Grand Caravan asal Australia yang masuk Merauke, papua tanpa izin, masih terparkir di salah satu sudut Bandara Mopah, Merauke. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (17/5/2017), sejak tidak diizinkan terbang pada Selasa sore, 16 Mei 2017, kedua awak pesawat itu pun lebih banyak duduk di luar pesawat.

Sejumlah petugas baik dari TNI Angkatan Udara, kepolisian dan Bea Cukai, menjaga ketat pesawat dan kedua kru pesawat.

Pihak Pangkalan Udara TNI AU Merauke membenarkan, dari hasil penyelidikan keberadaan pesawat jenis Grand Caravan ini tidak membahayakan kedaulatan NKRI. 

Awak pesawat Australia sebenarnya telah mengurus perizinan sebelum mendarat di Lanud Merauke. 

Seharusnya mereka bertahan di Hon Island, sebelum terbang di wilayah yurisdiksi Indonesia. Namun keterbatasan sarana di Hon Island membuat mereka memutuskan untuk menuju Merauke, meski belum mengantongi perizinan.

Dijadwalkan izin untuk kedua awak pesawat itu baru akan turun pada hari ini (17/5/2017). Bila izin itu telah dikantongi, mereka berencana melanjutkan penerbangan.

Saksikan selengkapnya video pesawat Australia masuk wilayah papua tanpa izin masih ditahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.