Sukses

Jelang Ramadhan, Harga Sembako di Sejumlah Daerah Merangkak Naik

Liputan6.com, Jakarta Sepekan menjelang Ramadan, sejumlah pedagang daging dan ayam potong di Pasar Rebo, Purwakarta, Jawa Barat mengeluh. Sejak harga naik pembeli jarang belanja. Hal ini terjadi karena harga pembelian sapi juga sudah naik sehingga harga daging juga naik.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (18/5/2017), dari hasil pantauan harga daging sapi lokal yang biasanya Rp 100 ribu per kilo, Kamis siang naik Rp 10.000 dibanding sebelumnya. Begitu juga dengan ayam potong harganya sudah Rp 35.000 padahal kemarin masih Rp 28.000.

Tak hanya harga daging ayam dan sapi yang naik. Di Pasar Bale Endah Kabupaten Bandung, Jawa Barat harga komoditas sayuran seperti bawang putih dan jengkol juga sudah naik.

Bawang putih yang biasanya Rp 30.000 per kilo sekarang sudah Rp 60.000. Kenaikan harga dua kali lipat juga melanda jengkol yang saat ini sudah Rp 50 ribu per kilo.

Guna mencegah kenaikan harga tidak terkontrol, Wali Kota Cirebon Nazrudin Azis sidak ke sejumlah pasar tradisional. Saat sidak harga kebutuhan pokok harian seperti telur, minyak, beras, sayuran sudah mengalami kenaikan dalam kisaran Rp 1.000 hingga Rp 4000.

Namun, Wali Kota justru bisa memahami kenaikan harga meski di tingkat masyarakat kenaikan itu memberatkan. Sementara itu, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Muhamad Syarkawi Rauf mencurigai kenaikan harga beberapa kebutuhan harian dengan alasan Bulan Ramadan.

Syarkawi juga mencurigai ulah pedagang karena pasokan berjalan lancar termasuk daging sapi. KPPU pun akan memberi sanksi administratif dan juga pidana terhadap mereka yang ketahuan berbuat curang.

Saksikan tayangan video sembako merangkak naik di sejumlah daerah jelang Ramadhan selengkapnya. 

Artikel Selanjutnya
Harga Kebutuhan Pokok Terus Merangkak Naik
Artikel Selanjutnya
Serakah Harga di Bulan Penuh Berkah, Ramadan