Sukses

14 Polisi Polda Papua Dipecat Secara Tidak Hormat

Sebanyak 14 polisi dipecat secara tidak hormat pada apel di Mapolda Papua, Jumat 19 Mei 2017.

Liputan6.com, Jayapura - Sebanyak 14 polisi dipecat secara tidak hormat pada apel di Mapolda Papua, Jumat 19 Mei 2017. Upacara pemberhentian tersebut hanya dihadiri dua polisi yang melakukan pelanggaran karena 12 lainnya belum tertangkap.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (20/5/2017), ke-14 polisi dari berbagai satuan di lingkungan Polda Papua itu diberhentikan secara tidak hormat karena telah melakukan pelanggaran. Mulai dari tindakan indisipliner, pelanggaran kode etik, hingga kasus asusila.

Menurut Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar, pemecatan ini adalah pelajaran bagi seluruh polisi di Bumi Cendrawasih itu untuk terus menjaga etika dan moral dalam tugas sehari-hari.

"Punishment ini dilakukan agar kesehatan organisasi tetap terjaga. Jadi walaupun sesuatu yang memberatkan, tetapi ini untuk membela kepentingan yang lebih luas," ucap Boy.

Seluruh polisi yang dipecat melakukan pelanggaran selama 2017. Tidak hanya dipecat, enam polisi di antaranya yang melakukan tindak pidana pemerkosaan dan perbuatan asusila, juga diproses secara hukum.

Saksikan video pemecatan polisi Polda Papua secara tidak hormat selengkapnya berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.