Sukses

Dipimpin Jokowi, Papua Berpacu Mengejar Ketertinggalan

Liputan6.com, Papua - Pembangunan jalan Trans Papua merupakan salah satu dari proyek prestisius pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Papua dan Papua Barat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (20/5/2017), medan yang berat dan situasi keamanan yang rawan membuat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melibatkan TNI dalam proyek ini. Dengan tujuan memicu kemakmuran masyarakat di Bumi Cendrawasih.

Dari laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum dijelaskan, jalan Trans Papua ini nantinya akan membuka kawasan yang terisolasi, menekan mahalnya harga kebutuhan pokok, dan meningkatkan konektivitas antarwilayah di Papua.

Selama pembangunan Trans Papua, Kementerian PU mengaku menemui berbagai kendala. Mulai dari kondisi geografis serta cuaca ekstrem seperti hujan es.

Selain Trans Papua, Jokowi juga meresmikan Pos Lintas Batas Negara yang baru saja dibangun. Pos ini menjadi batas antara Indonesia dan Papua Nugini yang terletak di Skouw, Jayapura, Papua.

Jokowi juga menegaskan, pembangunan Pos Lintas Batas Negara yang megah ini akan menjadi kebanggaan warga lokal dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan ekonomi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga telah meresmikan Pos Lintas Batas Negara Motaain yang terletak di Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT). Bangunan tersebut berdiri megah menghadap negara tetangga, Republik Demokratik Timor Leste.

Jokowi juga telah membangun Pos Lintas Batas Negara di Entikong yang menghadap langsung ke negara Malaysia. Pos ini sangat penting, karena tak hanya untuk pos penjagaan antar negara, tapi juga menjadi kebanggaan warga Indonesia.

Saksikan video Presiden Jokowi meresmikan jalan Trans Papua dan Pos Lintas Batas Negara di Papua dalam Barometer Pekan Ini.