Sukses

Warga Makin Sulit Dapatkan Air Bersih

Krisis air bersih terus meluas di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Warga di enam kecamatan terpaksa antri berjam-jam untuk mendapatkan air b

Indosiar.com, Bondowoso (Kamis : 11/09/2014) Krisis air bersih terus meluas di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Warga di enam kecamatan terpaksa antri berjam-jam untuk mendapatkan air bersih. Kesulitan air bersih juga dialami warga di Demak - Jawa Tengah. Mereka terpaksa menggunakan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari.

Hujan yang tidak turun sejak empat bulan terakhir, menyebabkan krisis air bersih semakin meluas di Kabupaten Bondowoso. Warga di lima kecamatan di daerah ini terpaksa harus antri berjam-jam untuk mendapatkan air bersih di tandon-tandon penampung air. Namun aliran air semakin hari semakin mengecil. Di beberapa lokasi aliran air bahkan mati dan tidak dapat lagi dimanfaatkan warga.

Kekeringan yang berkepanjangan, juga melanda daerah Jawa Timur. Warga di sepanjang jalan raya pantura di Demak - Jawa Tengah ini mulai sulit mendapatkan air bersih, karena sungai di sepanjang jalur ini sudah mengering. Untuk mendapatkan air, warga terpaksa mengebor hingga ke dalam tertentu. Itu pun masih sulit untuk mendapatkan air.

Akibat kekeringan ini, warga terpaksa harus membeli air bersih seharga 1500 sampai 2000 rupiah perjerigen. Sebagian lagi memanfaatkan air tanah dari dasar sungai yang mengering. Sementara air pam milik pemerintah setempat, kondisinya juga tak jauh berbeda. Warga tidak bisa menikmatinya lagi karena sering macet. (Tim Liputan/Sup)