Sukses

Embun Beku di Papua Diperkirakan Bertahan Sampai Oktober

Cuaca ekstrem masih melanda 3 kabupaten di wilayah pegunungan tengah Papua.

Liputan6.com, Papua - Cuaca ekstrem masih melanda 3 kabupaten di wilayah pegunungan tengah Papua. Cuaca ekstrem diperkirakan masih akan terjadi hingga Oktober mendatang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (29/7/2015), cuaca ekstrem dan embun beku di Kabupaten Lanny Jaya dan Kabupaten Puncak mengakibatkan sedikitnya 15 warga tewas karena sakit dan kekurangan bahan pangan. Lebih dari 20 ribu kepala keluarga terancam kelaparan.

Distribusi bantuan dilakukan menggunakan helikopter dan pesawat berbadan kecil karena tidak ada akses dari darat.

Dalam kunjungan BPBD Papua di 3 lokasi, khususnya Distrik Agundugume, Kabupaten Puncak, kondisinya sangat memprihatinkan. Bukan hanya tanaman rusak namun sebagian pohon mengering.

Berdasarkan analisa Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika wilayah 5 provinsi Papua, peningkatan suhu sebelum kemarau di ketinggian 3 ribu meter di atas permukaan laut membuat embun beku selama 2 pekan dan mengakibatkan tanaman warga layu dan mati.

Udara dingin sangat terasa di 3 kabupaten yakni Puncak, Lanny Jaya, dan Nduga. (Nda/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini