Sukses

Habitat Orangutan Terancam Akibat Kebakaran Lahan

Kebakaran hutan dan lahan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, terus meluas bahkan sampai ke kawasan hutan Taman Nasional Sebangau.

Liputan6.com, Palangkaraya - Petugas dari Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Tengah terus berusaha memadamkan api yang membakar hutan dan lahan di Taman Nasional Sebangau secara manual.

Selain itu, pemadaman menggunakan helikopter juga dilakukan agar kebakaran tidak meluas. Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Senin (7/9/2015), ada 4 lokasi di kawasan Taman Nasional Sebangau yang terbakar. Jika tidak cepat ditanggulangi dikhawatirkan kebakaran akan menghancurkan habitat orangutan di sana.

Sementara itu, kebakaran lahan yang semakin meluas di wilayah Kalimantan Tengah juga membuat kabut asap di Kota Palangkaraya semakin pekat. Begitu pula dengan kebakaran hutan yang melanda Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat. Kebakaran yang terjadi pada Minggu 6 September lalu, kini semakin meluas.

Sejumlah pengunjung serta pendaki gunung yang sedang berkemah pun diminta meninggalkan Gunung Papandayan. Karena kemarau yang panjang disertai hembusan angin yang kencang membuat api mudah menjalar ke wilayah hutan di Gunung Papandayan.

Minimnya peralatan untuk memadamkan api juga menjadi kendala BPBD Garut memadamkan api. Hingga kini belum diketahui sampai kapan Gunung Papandayan ditutup untuk pendakian dan wisata. (Mar/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini