Sukses

VIDEO: Hari ke-3 Libur Panjang, Lembang Masih Macet

Antrean panjang kendaraan tak terhindarkan di ruas Jalan Kolonel Masturi-Cisarua. Bahkan ekor kemacetan hingga Kota Cimahi.

Liputan6.com, Lembang - Hari ke-3 libur panjang Maulid Nabi Muhammad dan Natal, kemacetan masih menghiasi kawasan wisata Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (26/12/2015), antrean panjang kendaraan tak terhindarkan di ruas Jalan Kolonel Masturi-Cisarua. Bahkan ekor kemacetan hingga Kota Cimahi.

Sejumlah polisi berusaha keras mengurai kemacetan di sekitar salah satu objek wisata. Ruas jalan ini merupakan salah satu jalur alternatif menuju kawasan wisata Lembang dengan jarak tempuh sekitar 10 km. 

Biasanya, jalur ini menjadi pilihan saat ruas jalan utama menuju Lembang selepas pintu Tol Pasteur macet.

Namun kini karena tingginya volume kendaraan, jalur alternatif ini pun tak luput dari kemacetan. Akibatnya, waktu tempuh yang biasanya tak lebih dari 30 hingga 45 menit, kini menjadi hampir 2 jam.

Tak hanya Cisarua, sejumlah titik jalur alternatif seperti Dago, Cijeruk, Punclut, Sersan Bajuri, hingga kawasan Cihideung pun sejak pagi sudah dipadati kendaraan.

Pemandangan serupa juga masih terjadi di ruas menuju kawasan wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat. Ribuan kendaraan pagi tadi sudah mengular dari pintu Tol Ciawi hingga terhenti di persimpangan Gadog sepanjang 10 km.

Kepadatan di jalur ini didominasi kendaraan pribadi dan bus pariwisata. Kondisi ini memaksa sebagian besar penumpang untuk turun dari kendaraan sedikit melepas penat.

Untuk mengantisipasi pembludakan lebih parah, Satuan Lalu Lintas Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup satu arah lebih awal untuk kendaraan dari Jakarta menuju kawasan Puncak.

Diperkirakan, membludaknya wisatawan di kawasan Puncak masih akan terjadi hingga hari Minggu 27 Desember 2015 besok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.