Sukses

VIDEO: Apa Itu Terapi Chiropractic?

Terapi chiropractic telah memakan korban jiwa, masyarakat diharapkan menggunakan jalur pengobatan yang benar.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu terapi alternatif kehadiran chiropractic masih menjadi perdebatan. Chiropractic adalah suatu metode pengobatan untuk membetulkan struktur tulang belakang dengan menggunakan tangan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (8/1/2016), kata 'chiropractic' berasal dari bahasa Yunani, yakni dari kata 'chiros' yang berarti tangan, dan 'praktikos' yang artinya praktis.

Seperti kebanyakan dipakai untuk penyakit dengan keluhan seperti nyeri punggung, syaraf terjepit, nyeri di pundak, sakit di ujung tangan atau kaki, salah urat dan sakit kepala. Dan menjadi terapi andalan bagi yang mengalami gangguan tulang punggung.

Metode pengobatannya dilakukan secara manual atau dengan tangan tanpa alat apa pun. Bisa dengan pemijatan dan penekanan titik-titik yang tidak beres di bagian tulang belakang, lalu mengoreksinya dan mengembalikannya ke posisi normal.

Gerakan chiropractic yang ekstrem bisa menyebabkan pembuluh arteri hancur dan menyebabkan stroke. Kasus yang menimpa Allya Siska Nadya (33), menurut Dokter Jose terkait tulang leher memang sesuatu yang amat berbahaya, butuh penanganan yang benar.

Terapi chiropractic telah memakan korban jiwa, masyarakat diharapkan menggunakan jalur yang benar dalam pengobatan. Butuh dokter yang memang telah memiliki izin dan klinik yang terdaftar Dinas Kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.