Sukses

VIDEO: 'Nusantara Bertutur' Dongeng yang Membentuk Karakter

Ide dongeng berbeda ini datang dari komunitas ITB 81 yang menginginkan generasi muda tumbuh menjadi anak berkepribadian unggul.

Liputan6.com, Tangerang Setiap akhir pekan Sanggar Rumah Ijo selalu ramai. Rumah yang terletak di Bintaro sektor 9 Tangerang ini riuh oleh anak-anak kampung sekitar yang antusias mengikuti berbagai aktivitas sanggar, terutama kegiatan mendongeng.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (18/1/2016), Minggu pagi jadi jadwal rutin para bocah menyimak dongeng Nusantara Bertutur.

Sesuai namanya, dongeng bermuatan moral disampaikan melalui tokoh binatang asli Indonesia lengkap dengan tempat hidup mereka.

Ide dongeng berbeda ini datang dari komunitas ITB 81 yang menginginkan generasi muda, tumbuh menjadi anak berkepribadian unggul lewat nilai-nilai yang termuat dalam dongeng.

Kumpulan dongeng milik Nusantara Bertutur merupakan dongeng baru yang didapat, di antaranya melalui kompetisi yang kemudian diverifikasi terlebih dahulu sebelum bisa diakses bebas di situs nusantarabertutur.org.

Sudah lebih dari dua tahun, dongeng-dongeng ini dimuat secara berkala di salah satu halaman koran nasional, lengkap dengan kode bar yang setelah diunduh akan muncul figur publik yang mendongengkan secara langsung. Tidak hanya mendongeng, anak-anak Sanggar Rumah Ijo ini diajak pula berteater, bernyanyi dalam membentuk karakter.

Tak lupa kegiatan mengaji dan menggambar untuk anak-anak yang lebih kecil. Harapannya, anak-anak ini akan memiliki kepribadian tangguh termasuk tidak mudah disusupi paham radikalisme.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.