Sukses

VIDEO: Festival Api Viking di Skotlandia

Viking yang merupakan suku asli bangsa Skandinavia memiliki pengaruh kuat di Pulau Shetland.

Liputan6.com, Skotlandia - Masyarakat Kepulauan Shetland Skotlandia menggelar festival api Viking atau Up Helly Aa. Festival yang berlangsung di Lerwick kepulauan Shetland ini berlangsung 3 tahap.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (28/1/2016), tahap pertama diikuti sekitar seribu orang berkostum khas pasukan Viking menyalakan obor sejak sore hari. Lalu mereka berjalan menuju ke pantai sambil membawa obor dan replika kapal Viking.

Terakhir, replika kapal Viking dengan panjang 9 meter itu dibakar ramai-ramai diiringi sorak ria dan menyanyikan lagu-lagu Viking hingga api padam. Konon, roh pejuang Viking akan sampai ke surga jika abu jenazah dan kapal dilarung ke laut.

Viking yang merupakan suku asli bangsa Skandinavia memiliki pengaruh kuat di Pulau Shetland, sehingga warga sekitar menghormati warisan budaya bangsa Viking. Tradisi kuno yang dimulai sejak tahun 1870 itu digelar tiap selasa akhir bulan Januari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.