Sukses

Kilas Indonesia: Ribuan Lampion Menghiasi Kelenteng Dewi Kwan Im

Menyambut hari raya Imlek 8 Februari mendatang, ribuan lampion diharapkan jadi daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara.

Liputan6.com, Palembang - Jelang Imlek ribuan lampu kertas atau lampion menghiasi Kelenteng Dewi Kwan Im, kawasan Sepuluh Ulu, Palembang, Sumatera Selatan. Berita ini mengawali Kilas Indonesia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (2/2/2016).

Sementara itu, kantor pelayanan utama Bea dan Cukai Tanjung Priok dan Badan Narkotika Nasional menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu seberat 16,9 kg, senilai Rp 40 miliar. Modus sindikat narkoba ini dengan memasukkan sabu ke dalam mesin pemanas air dan kain impor dari Hong Kong dan Tiongkok, saat masuk pelabuhan Tanjung Priok.

Sindikat ini dikendalikan narapidana WNA asal Afrika Barat yang kini mendekam di Lapas Bulak Kapal, Bekasi, Jawa Barat.

Di Garut, akibat salah konstruksi sebuah bangunan rumah toko ambruk saat sedang proses pengecoran lantai 2. Akibatnya 3 pekerja bangunan di perumahan Rabbani, desa Cipicung, kecamatan Banyuresmi, dilarikan ke Rumah Sakit Dokter Slamet Garut karena terluka akibat tertimpa material bangunan. Tiang penyangga konstruksi cor diduga tak sebanding dengan berat material.

Di Tuban, jelang hari raya Imlek di halaman Kelenteng Kwan Sing Bio, umat Tri Darma menggelar ritual melepas beberapa ekor penyu ke laut lepas. Sebelumnya, tempurung penyu penyu itu telah ditulisi sejumlah doa agar umat yang tertulis namanya terhindar dari kesialan di tahun monyet api. Selain itu, ritual Ciswak atau Fung Shen ini juga sebagai doa agar cita-cita umat bisa terwujud di tahun mendatang.

Di Palembang, selain menyambut hari raya Imlek 8 Februari mendatang, ribuan lampion ini diharapkan jadi daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara. Jelang Imlek, Kelenteng Dewi Kwan Im dibersihkan hingga ke bantaran sungai Musi yang menghadap jembatan Ampera, Palembang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.