Sukses

VIDEO: Tak Punya Biaya, Balita Gizi Buruk Ini Terancam Diusir RS

Di usianya yang sudah 13 bulan, berat badan Rasyid tidak lebih dari 6 kilogram.

Liputan6.com, Polewali Mandar - Abdul Rasyid, bocah penderita gizi buruk asal Desa Pao Pao, Kecamatan Tinambung, Polewali Mandar, Sulawesi Barat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Di usianya yang sudah 13 bulan, berat badannya tidak lebih dari 6 kilogram, jauh di bawah berat badan normal anak seusianya.

Seperti ditayangklan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (18/2/2016), Rasyid dilarikan ke rumah sakit karena kondisinya terus memburuk. Anak bungsu pasangan Rahmat dan Namma ini sudah 3 hari menjalani perawatan intensif. Menurut tim dokter, Rasyid didiagnosis menderita gizi buruk.


Rasyid termasuk terlambat mendapat pertolongan. Orangtuanya yang bekerja sebagai nelayan, penghasilannya hanya cukup untuk makan sehari-hari. Apalagi belakangan cuaca tidak bersahabat, sehingga ayahnya jarang melaut.

Keberadaan Rasyid di rumah sakit juga tidak bisa berlama-lama. Orangtuanya sudah kehabisan uang untuk biaya rumah sakit. Sementara untuk mengurus BPJS juga terhambat pembayaran premi.

Pilihan membawa pulang anaknya ke Desa Pao Pao tampaknya sudah bulat. Uang pinjaman dan bantuan dari keluarga dan kerabat sudah makin tipis. Selain untuk keperluan untuk membeli obat, uang bantuan juga sudah habis untuk ongkos angkutan dan makan selama menunggui anaknya di rumah sakit.

Rahmat hanya bisa berharap adanya bantuan dari pemerintah atau dermawan agar anaknya bisa terus mendapat perawatan rumah sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.